Mencegah Virus Masuk Komputer dengan Menonaktifkan AutoPlay Handler

Mencegah Virus Masuk Komputer. Kebanyakan virus menyebar melalui media penyimpanan bergerak atau removable device / storage. Biasanya, virus...

Mencegah Virus Masuk Komputer.

Kebanyakan virus menyebar melalui media penyimpanan bergerak atau removable device / storage. Biasanya, virus menyertakan file autorun.inf untuk dapat masuk kedalam komputer dengan memanfaatkan fitur AutoPlay handler saat media tersebut 'dicolokkan' ke komputer ( jika berbentuk USB device ) atau jika berbentuk optical media saat terbaca oleh drive optik. File autorun.inf merupakan file yang bersifat konfiguratif dan berisi script-script tertentu, untuk kasus ini pihak pembuat virus menyertakan script open yaitu prosedur menjalankan sebuah program melalui WScript. Proses ini tidak memerlukan waktu lama, saat removable media kita colokkan ke PC, secara otomatis script dalam autorun.inf bekerja dan terbaca oleh AutoPlay handler dan diteruskan ke WScript. Seketika itu pula virus menjalankan prosesnya dengan membentuk file induk dan file-file backup seandainya file induk terhapus. Kalau sudah begini, ya repot, kompie pun menjadi semakin lelet.

Menonaktifkan AutoPlay Handler
AutoPlay handler sendiri dirancang untuk otomatisasi program tertentu yang akan bekerja saat sebuah removable media masuk kedalam PC, jika yang terdapat dalam media tersebut berupa file-file audio maka pemutar audio dapat secara otomatis dijalankan. Demikian pula dengan file-file video, file-file dokumen bahkan Virus sekalipun. Untuk itu, demi keamanan dan ketertiban, maksudnya keamanan PC, lebih baik fitur ini di-disable saja. Toh kita masih dapat mengakses file-file yang terdapat di removable media dari widows explorer dengan mudah.

Menonaktifkan AutoPlay Handler.

Untuk menonaktifkan fitur AutoPlay handler caranya mudah, seperti berikut ini.

  • Melalui Control Panel.

  1. Buka Control Panel dan ubah tampilannya menjadi tampilan daftar, secara default tampilannya adalah berdasarkan kategori.
  2. Cari item AutoPlay dan klik dua kali.
  3. Disana akan muncul pilihan untuk mengkonfigurasi setiap media yang dibawa oleh removable device. Hilangkan tanda centang pada "Use AutoPlay for all media and devices" jika ingin menonaktifkan semuanya.
  4. Klik Save untuk menyimpan perubahan.

  • Melalui Group Policy.

Pilihan ini bersifat permanen namun lebih aman. Permanen disini maksudnya hanya dapat diubah dengan cara mengulangi langkah yang sama untuk mengaktifkan / menonaktifkannya.
  1. Ketik 'gpedit.msc' pada kotak start search di menu windows. Di bagian start menu paling atas akan muncul file hasil pencarian dan klik file 'gpedit.msc'. Alternatif lain, tekan tombol Windows dan R bersama-sama sehingga memunculkan kotak dialog "Run", ketik 'gpedit.msc' dan tekan Enter.
  2. Setelah jendela Group Policy terbuka, expand pada bagian Computer Configuration, expand lagi pada bagian Administrative Template, expand lagi pada bagian Windows Component kemudian pilh AutoPlay Policies.
  3. Lihat ke panel sebelah kanan dan cari pilihan Turn Off AutoPlay dan klik dua kali.
  4. Jendela Turn Off AutoPlay akan muncul dan pilih Enabled.
  5. Pada tab Option, pilih Turn off AutoPlay on : pilihlah All drives untuk menonaktifkan AutoPlay terhadap semua jenis media.
  6. Klik Apply dan OK, Selesai. Ulangi langkah yang sama untuk menonaktifkannya dengan memilih Disabled atau Not Configured.
Saat membuka removable media dari Windows Explorer, harap diperhatikan untuk tidak meng-klik dua kali pada item removable device. Alasannya, jika dalam removable media tersebut terdapat file autorun.inf maka yang terjadi bukannya drive tersebut akan terbuka, yang terjadi malahan script di dalam file autorun.inf yang dijalankan. Dan itu berarti sia-sia saja AutoPlay handler dinonaktifkan. Untuk membuka removable drive lebih aman dengan klik kanan dan pilih Open.

Seperti itu langkah-langkah untuk Mencegah Virus Masuk Komputer dengan Menonaktifkan AutoPlay Handler. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kawan-kawan semua dan silahkan di-share sekiranya orang lain membutuhkan. Salam Customations !.

Related

Tutorial 483784008122168301

Posting Komentar

emo-but-icon

Entri yang Diunggulkan

Akses tercepat Link alternatif soccerbet99 terupdate

Link Alternatif Soccerbet99 terbaru 2019  - helo pembaca blog Delenong seperti pada ulasan sebelumnya tentang situs bola soccerbet99 yang me...

Hot in week

Recent

Comments

item